Skip to main content
Politik
Relawan Ganjar Pranowo Kian Bermunculan, Pengamat IDD; Bukti Figur Merakyat
0

Relawan Ganjar Pranowo Kian Bermunculan, Pengamat IDD; Bukti Figur Merakyat

by Redaksi
posted onAugust 23, 2021

Sibernews.com - Relawan politik Sahabat Ganjar (SG) mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo untuk RI-1 2024 di 34 provinsi pada Minggu (22/8/2021). Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto ikut memberikan komentar.

“Menurutnya, semakin banyak relawan politik yang mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo, kian membuktikan bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan salah satu figur terkuat ketimbang beberapa kandidat lainnya yang diprediksi akan berkontestasi dalam Pilpres 2024”.

“Sebab, relawan itukan basisnya rakyat, sehingga dukungan ini bisa dikatakan sebagai dukungan murni yang berasal dari rakyat untuk figur yang merakyat tentunya”.

“Soal terkait masih banyak pihak yang memberikan kritik terkait kehadiran relawan politik di masa pandemi Covid-19, menurut Bambang, ini tidak ada yang salah selama itu tetap berjalan sesuai protokol kesehatan. Inikan bukan soal tepat atau tidak tepat mendeklarasikan dukungan saat pandemi covid-19, tapi gerakan ini harus berkejaran dengan waktu, sehingga kalau untuk menyambut pilpres 2024 tentu dukungan harus disemai sejak dini”.

“Menariknya, selain tujuannya untuk mengalang dukungan seluas mungkin. Tapi langkah para relawan ini bisa menjadi bagian dari pembelajaran politik kewargaan. Dengan begitu rakyat bisa semakin mengenal rekam jejak figur politik yang bakal berkontestasi dalam pilpres 2024”.

“Kendati demikian, Bambang menilai bahwa langkah masif para relawan ini bisa dikatakan sebagai upaya untuk menekan dan menawarkan kepada PDI Perjuangan, bahwa ada figur internal yang memiliki elektabilitas tinggi dan menjadi idola rakyat, sehingga layak untuk dipilih menjadi capres 2024. Hal itu tanpa alasan, sebab selama ini PDI Perjuangan masih sibuk berjuang keras menyemai elektabilitas Puan Marahani menjadi capres 2024 mendatang, pungkasnya”.

Headline

investasi