Skip to main content
Kemenkumham
Kemenkumham
0

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Santosa Pastikan Pemilu di Lapas dan Rutan Berlangsung Kondusif dan Bersih

by Redaksi
posted onFebruary 14, 2024

BENGKULU - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 merupakan puncak pesta demokrasi 5 tahunan yang akan memilih para anggota dewan legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD serta akan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Pemilu Tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024, diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali dengan para warga binaan pemasyarakatan dan tahanan yang berada di Lapas maupun Rutan di seluruh Indonesia.

Usai memberikan hak pilihnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Santosa berkesempatan untuk terjun langsung memantau jalannya Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan UPT Pemasyarakatan dalam Kota Bengkulu diantaranya LPKA Kelas II Bengkulu, Lapas Kelas IIA Bengkulu, Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, dan Rutan Kelas IIB Bengkulu. 

Kakanwil mengawali kunjungannya ke LPKA Kelas II Bengkulu, Saat memantau jalannya Pemilu di LPKA Bengkulu dengan TPS Khusus bernomor 903, Kakanwil yang didampingi oleh Kabid Pembinaan, Andi Mulyadi dan Kepala LPKA, Sri Harmowo Suliarso berbincang sejenak dengan panitia dan memantau jalannya pemilu di LPKA yang berlangsung dengan aman dan tertib. 

Usai dari LPKA, Kakanwil memantau langsung jalannya pemilu di Lapas Kelas IIA Bengkulu. Didampingi langsung oleh Kalapas Bengkulu, Yuniarto, Kakanwil memantau jalannya pemilu di TPS Khusus 901 dan 902 Lapas Kelas IIA Bengkulu. Kalapas juga berkesempatan memantau jalannya pemilu di Lapas, dimana para Warga Binaan masih menggunakan hak pilihnya. Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil berbincang dengan anggota KPPS Lapas Bengkulu agar melaksanakan tugas dengan penuh amanah dan tanggung jawab, serta memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar. 

 “Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas, serta Pemilu adalah momentum penting bagi negara kita, dan kita harus memastikan bahwa setiap langkah yang diambil adalah sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku” pesannya. 

Selanjutnya Kakanwil bergerak menuju Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu.  Saat Kakanwil melakukan pantauannya didampingi Kalapas perempuan, Gayatri Rahmi Rilowati di TPS Khusus 901, kegiatan pemberian hak pilih oleh para warga binaan telah selesai dilaksanakan dengan berjalan lancar. 

Selanjutnya, Kakanwil beranjak ke TPS Khusus 901 dan 902 yang berlokasi di Rutan Kelas IIB Bengkulu. Santosa bersama Karutan Bengkulu, Farizal Antony meninjau langsung jalannya pemilu yang masih berlangsung di Rutan Kelas IIB Bengkulu. Seluruh pelaksanaan kegiatan pemungutan suara di TPS-TPS tersebut masih berjalan dengan cukup tertib dan aman terkendali. 

Selesai melakukan pemantauan, Kakanwil mengharapkan jalannya pemungutan suara di TPS lain yang berada di Rutan maupun Lapas lainnya di Provinsi Bengkulu pada khususnya dan diseluruh Indonesia pada umumnya dapat berjalan dengan baik.  Dengan diselenggarakannya Pemilu Tahun 2024 ini yang berjalan dengan sukses, lancar, aman, dan kondusif  demi menentukan masa depan Indonesia untuk 5 tahun kedepan. 

investasi