Skip to main content
hukum
Gakkumdu Seluma
10

Dugaan Money Politic Caleg Gerindra Tak Terbukti

by Redaksi
posted onMay 8, 2019

Seluma,Sibernews.co - Kasus OTT dugaan money politic di seluma yang dilakukan oleh warga inisial IM kini menemukan titik terang.

Suryadi, Koordinator Gakkumdu Seluma mengatakan, kasus tersebut dinyatakan dihentikan. Alasannya, tidak terpenuhi unsur dan tidak cukup alat bukti. Selain itu, oknum yang diduga melakukan money politik bukanlah peserta, tim atau pelaksana kampanye. 

"Laporan tindak pidana pemilu yang dilaporkan pada H -1 malam pencoblosan itu sudah kita lakukan kajian tahap ll. Di dalam kajian tahap II itu disepakati untuk tidak dapat dilanjutkan pada tahap penyidikan. Artinya dihentikan," kata Suryadi.

Tidak dipenuhi unsur itu dikarenakan dalam UU 7 Tahun 2017, pasal yang disangkakan menjanjikan atau memberikan sesuatu berbentuk uang atau materi lainnya pada masa tenang tidak terbukti.

"Maka subyeknya disitu adalah peserta, tim, dan atau pelaksana kampanye. Maka unsur itu tidak dipenuhi," jelasnya.

Berdasarkan hasil klarifikasi pemanggilan para saksi oleh Gakkumdu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pelapor sebagai tim kampanye caleg, sebagai pelaksana kampanye, atau sebagai peserta kampanye.

"Alasan yang kedua tidak cukup alat bukti, kenapa? Karena pelapor mengajukan 3 saksi, 2 saksi setelah kita undang secara patut dua kali tidak hadir. Sementara satu orang orang saksi dan pelapor yang kita periksa semuanya tahu bukan secara langsung," kata Suryadi.

Pelapor dan saksi yang memenuhi panggilan Gakkumdu, keduanya memperoleh keterangan dari dua orang saksi yang tidak memenuhi panggilan Gakkumdu.

"Yang dia laporkan tim-nya. Jadi kita kaji, kita klarifikasi, apakah ada SK dan surat tugasnya sebagai tim, dan lain-lainnya. Tidak hanya itu kita juga mengambil keterangan lain yang menyatakan dia tim, dan itu tidak terbukti," tandasnya.

Malam menjelang hari pencoblosan Pemilu 2019, Selasa (16/4/2019), SF warga Desa Lawang Agung menangkap tangan IM yang diduga tengah membagikan uang pecahan Rp 100 ribu kepada JE.

Dari tangan IM, SF berhasil mengamankan contoh kertas surat suara caleg DPRD Kabupaten Seluma Partai Gerindra dengan dua lembar uang tunai Rp 100 ribu. (Nv) 

investasi